Reverse Engineering Pada Sybase Power Designer 15

Banyak pengartian dari Reverse Engineering, yang saya angkat disini adalah pengertian Reverse Engineering dan cara melakukannya.

Reverse Engineering dalam Sybase Power Designer adalah proses generating untuk menghasilkan PDM (atau objek tertentu PDM) dari skema database yang sudah ada. Intinya adalah merubah database fisik menjadi pemodelan PDM.

Kasus yang saya angkat kali ini adalah generating database Ms Access untuk dirubah menjadi pemodelan dalam bentuk PDM. Langkah – langkahnya kurang lebih seperti yang saya demo kan di bawah ini:

  1. Sediakan database yang akan kita gunakan. Disini saya menggunakan contoh database Ms Access dengan nama Pembelian.accdb
  2. Buka aplikasi Sybase Power Designer.
  3. Setelah aplikasi terbuka, pilih lah menu File lalu pilih menu Reverse Engineer kemudian pilih Database. Maka akan tampil sebuah layar lampiran baru. Model name adalah untuk memberikan nama model yang akan kita bentuk, DBMS adalah pilihan akan database apa yang kita gunakan. Karena saya menggunakan Ms Access maka DBMS nya pun Microsoft Access 2000.
  4. Setelah kita OK pada menu di atas maka muncullah tampilan menu baru kembali.
  5. Pada menu ini kita pilih option yang Using Database Source, mengapa? karena kita akan menggunakan database yang telah ada. Lalu klik pada Icon Connect to Database Source.

  6. Setelah itu kita melakukan Configure pada ODBC nya.
  7. Lalu klik Connect, maka muncul tampilan baru dan pilih icon ODBC Administrator.
  8. Pada menu administrator kita pilih ADD untuk melakukan konfigurasi koneksi yang kita butuhkan untuk mengkoneksikan database pada sybase.
  9. Setelah selesai pada pengaturan koneksi nya, maka menu yang muncul seperti pada Langkah 7 akan bertambah 1 pilihan seperti nama yang telah kita berikan di saat kita memberi nama pada koneksinya. Jika Pilihan itu muncul maka kita tinggal klik OK, akan tetapi jika tidak muncul tekan F5 untuk merefresh dan jika masih tidak ada lakukan konfigurasi ulang pada ODBC nya.
  10. Setelah kita OK maka kita tinggal melakukan pemilihan kembali pada menu seperti dibawah ini. Lalu pilih Connect.
  11. Setelah Connect maka muncul menu baru. Pada menu ini kita hanya melakukan pemilihan koneksi databasenya kemudian kita melakukan pemilihan pada Option nya agar relasi nya muncul. Lalu OK.
  12. Setelah kita OK maka akan muncul tampilan baru yaitu Database Reverse Engineering, disini kita hanya memilih tabel – tabel yang telah kita atur koneksi nya. Lalu OK.
  13. Maka Hasilnya akan sama dengan database yang kita punya akan tetapi disini dalam bentuk PDM.Selamat Mencoba!!
About these ads

~ by rastplast on January 9, 2012.

2 Responses to “Reverse Engineering Pada Sybase Power Designer 15”

  1. […] Saat ini saya akan mengangkat materi cara pembuatan view pada Sybase Power Designer 15, lanjutan dari materi kemaren yang saya angkat yaitu Reverse Engineering […]

  2. […] 1. Gunakan Database yang kita gunakan sebelum nya yaitu database penjualan yang telah kita gunakan dalam pembuatan view dan reverse engineer. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: